Friday, June 6, 2014

Cara simpel merawat sepeda motor matic injeksi

Cara simpel Merawat Matic Injeksi, Matic injeksi akhir-akhir ini menarik perhatian para pecinta roda dua, karena matic injeksi memiliki banyak kelebihan dibanding matic yang masih menggunakan karburator, matic injeksi sudah memiliki tekhnologi yang tinggi karena motor matic injeksi sudah tidak memakai karburator lagi. Injeksi bukan saja memmbuat umur mesin panjang tapi injeksi dapat menekan penggunaan bahan bakar lebih irit, meskipun injeksi sudah hampir sempurna tapi kita harus rutin merawatnya agar performa motor terjaga dan tetap irit.

Berikut adalah beberapa cara yang simple untuk merawat motor matic agar performa selalu terjaga, terawat dan tetap irit. yaitu dengan cara sebagai berikut :




1. Saran saya sebelum pergi mengendarai motor matic Injeksi panaskan terelebih dahulu mesin motor anda, sekitar 1 sampai 5 menit, waktu yang sebentar itu sudah cukup untuk memanaskan mesin dan membuat pembakaran jadi sempurna.

2. Pada saat anda mengendarai motor matic Injeksi, anda  jangan sering mengubah kecepatan laju motor secara takberaturan, awalnya cepat dan  tiba-tiba mengerem atau sebaliknya, sebab cara seperti ini bisa membuat mesin motor anda cepat rusak.

3. Selalu cek kondisi tanki bensin, jangan sampai kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong.Saran saya mengisi bensin tak perlu menunggu jarum penanda bensin menunjuk arah huruf E atau Empty. Mesin injeksi tidak boleh kehabisan bensin,karena bisa mengakibatkan mesin motor anda cepat rusak.

4. Mengganti oli transmisi motor Matic Injeksi secara rutin,paling tidak 2/3bln cara ini bisa menjadi solusi untuk mencegah keausan komponen mesin Matic Injeksi, untuk penggantian maksimal oli transmisi setiap 5 ribu km dan oli mesin secara berkala setiap 1000 km.

5. Selalu periksa kondisi busi dan aki. Sebab, kedua perangkat tersebut membuat motor Matic Injeksi bertenaga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi gantilah dengan yang baru dan orisinil di bengkel resmi.

6. memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah tidak layak gantilah dengan yang baru dan orisinil.
Selalu perhatikan ruang transmisi, di ruangan transmisi terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km.

7. Motor matic Injeksi biasanya menggunakan single shockbreaker, maka ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km. Biasanya bila oli shockbreaker Matic sudah mulai harus di ganti di tandai dengan suara mendecit kalau di gunakan melewati jalan yang tidak rata.

Demikian cara merawat motor matic dari saya selamat mencoba yah buat teman-teman.

No comments:

Post a Comment